Kehamilan ke-6 dan Persalinan ke-4

- Udah 3 bulan lewat dari persalinan dan baru didokumentasikan 😑 -

Bismillah..

Tahun lalu aku kan kuret lagi ya, karena positif tokso dan janin meninggal. Setelah kuret terakhir itu, aku harus berobat beberapa bulan, dan belum boleh hamil lagi sampai toksonya aman. Minum obat seeetiap hari syalala. Sebenernya nggak lama-lama amat sih. Cuma 2 bulan kalau nggak salah. Tapi obatnya gede-gede bener subhanallah.

Qadarallah, setelah pengobatan selesai, covid lagi tinggi banget daan banyak sekali ibu hamil&melahirkan yang meninggal setelah terpapar covid. Akhirnya kami memutuskan untuk tetap nunda kehamilan sampai aku bisa vaksin. Jadi aku vaksin covid emang beneran ikhtiar supaya meminimalisir efek kalau terpapar. Bukan cuma buat syarat terbang huehehe.

Dari awal hamil, aku udah pasrah sih gimana ke depannya. Aku pertama kontrol waktu usia kandungan 6w. Harusnya pas 8w ya, biar udah keliatan jelas semua. Tapi waktu itu keluar flek, as always. Jadi dibawa periksa. Periksanya di dr. Dewi di Bangko. Itu 1,5 jam perjalanan dari rumah aku di Bungo. Alhamdulillah ya, ada dokter perempuan di "deket" sini. Anggep aja jalan dari bekasi ke mamakota 😌.

Ini lho kabupaten-kabupaten di Jambi 
Source

Waktu kontrol pertama, kantung udah kelihatan, kuning telur udah keliatan, tapi janinnya belum ada huhuhu... Kata dokternya harusnya usia segini pakai USG transvaginal janinnya udah keliatan huhuhu... Jadi bikin kepikiran, kalo BO lagi gimana huhuhu... Tapi kan udah pasrah ya. Jadi harus siap dengan segala kemungkinan ye kan? Ye dong.. Dokternya minta kontrol ulang 2 minggu lagi.

Berhubung 2 minggu kemudian aku mudik akhir tahun, jadi aku periksa di Bekasi, ke dokter yang nanganin adekku dulu. Beliau subspesialis fetomaternal di RS Hermina. Pas mau periksa aku deg-degan bangeet.. Periksa sendirian. Suami masih di Bungo, ortu muter-muter ngajak cucu-cucunya jalan-jalan. Sad ya wkwk. Tapi mending sendiri sih, daripada ortu liat kegelisahan aku. Jujurly capek ya kurat kuret wae. Tapi at least kalau waktu itu emang harus kuret, anak-anakku ada yang jagain di rumah ortu.

Pas diperiksa, alhamdulillah ternyata semua baik-baik saja.. Janin ada, detak jantung bagus. Alhamdulillahi bini'matihi tatimmushshaalihaat.. Legaaa banget. Tapi... Berhubung periksanya ke feto, jadi harus nyiapin biaya ekstra. Bener-bener ekstraaa 🙈.

Selama hamil yang ini, aku nggak ke dokter setiap bulan. Sesempetnya aja. Karena kan dokter perempuan jauh ya.. Dan memang suami komit, selama bisa diikhtiarkan, tetep akan ke dokter perempuan.

Setelah periksa terakhir di Bekasi, aku baru periksa lagi pas 5 bulan. Di Palembang, karena sekalian ngikut suami dinas huehehe. Nah pas periksa di Palembang ini, dokternya curiga ada penebalan cairan di belakang tengkuk, yang mana ada kemungkinan down syndrom. Tapi USG di sana nggak bisa hitung nilainya berapa. Nilai NT, kata beliau. Jadi kami disarankan ke fetomaternal, sekalian fetal scanning karena habis kena tokso.

Waktu itu aku ngerasanya, ya udah kalaupun emang DS ya nggak apa-apa. Janin ini bisa bertahan aja aku udah bersyukur bangeet. Dan kami nggak langsung ke feto sih waktu itu. Soalnya di Palembang juga nggak lama. Kami baru ke feto 2 bulan kemudian di Padang. Masyaallah ya ni bayi, nyobain USG di berbagai kota. Bangko-Bekasi-Palembang-Padang. Kami nggak ke Jambi, karena di Jambi dokter feto cuma ada 1. Itu pun laki-laki. Sedangkan di Padang ada banyak dokter feto perempuan. Waktu tempuh ke Jambi dan ke Padang juga relatif sama. Dan of course, di Padang bisa sekalian halan-halan 😆

Di Padang kami periksa di Hermina lagi. Alhamdulillah sebelah-sebelahan sama hotel juga. Jadi anak-anak bisa ditinggal di hotel. Waktu mau timbang tensi,
Perawat : hamil anak pertama ya Bu?
*Alhamdulillah masih keliatan manten anyar *
Aku : Nganu kak.. G6P3A2.
Alhamdulillah nggak nunggu lama terus dipanggil. Karena usia kandungan udah cukup besar, jadi dokternya bisa periksa semua organ. Kalau ada tokso kan janin beresiko hidrosefalus. Pas diperiksa alhamdulillah nggak ada. Kepala normal. Cairan yang dicurigai di belakang tengkuk juga alhamdulillah nggak ada. Jantung normal. Paru-paru normal. Tangan, kaki, organ dalam lain semua normal. Alhamdulillahi bini'matihi tatimmushshaalihaat.. Oh iya, dokternya periksa seeemua organ tapi blas nggak bahas jenis kelaminnya apa. Aku juga nggak nanya. Jadi sampai 5 bulan itu masih belum tau. Yowis rapopo.

Periksa selanjutnya bulan ke 7, di Bekasi lagi. Tapi di Sp.OG biasa, bukan feto. Nah pas ini baru tau, janinnya laki-laki.

Sebenernya waktu hamil kami berharap akan dipindah ke kota sebelum bersalin. Jadi lahirannya nggak perlu jauh-jauh. Tapi makin deket HPL masih nggak ada tanda2 SK turun 😝. *Bahkan sampai sekarang pun belum ada tanda-tanda pindah Ya Allah 😆*
Ya sudah berarti defaultnya lahiran di Bangko. Menuju 9 bulan, kami kontrolnya udah di Bangko terus. Di RS MMC (Merangin Medical Center).

Waktu usia kandungan 34w, janin masih sungsang. Hasil dari googling-googling, kalau sampai 36w masih sungsang, kemungkinan besar harus SC. Aku cari-cari info, kalau SC penyembuhannya gimana. Karena kan aku ga dibantu siapa-siapa ya di rumah. Jadi kalau pemulihannya lama, nanti anak-anakku piye? Bisa sih ERACS. Tapi ada hal lain yang memberatkan dari SC, yaitu tim dokternya nggak bisa semua perempuan. Aku sampai tanya-tanya ke RS di Padang dan Jambi, bisa request tim dokter perempuan apa nggak.. Ternyata nggak bisa. Yowis lah di deket-deket sini aja. Alhamdulillah pas periksa 37w, posisi kepala udah di bawah. Kata dokter tinggal nunggu lahir aja. 

Tapi sampai 39w lebih, bayinya nggak keluar-keluar 🥺. Udah gitu ibuku nelfon, beberapa hari ke depan mau ke sini, dan di sini cuma bisa seminggu, karena adek bontotku mau mulai kuliah di Solo. Ya Allah, jadi stress aku. Kalo ternyata bayinya belum lahir-lahir sampe Bapak Ibu balik lagi gimana...?

Tapi habis itu coba mensugesti diri sendiri. Mak gw tu feelingnya kuat banget. Yakin deh. Insyaallah akan ada takdir yang amazing. Dan bener, biidznillah..

Di hari waktu Bapak Ibu dateng, aku periksa ke bidan. Beliau bilang, posisinya agak miring. Nggak pas di jalan lahir.
Posisinya seperti Oblique di atas, tapi sudutnya nggak terlalu besar. Nggak sampai 45°.

Terus aku tanya, posisinya bisa bagus sendiri nggak ni? Bu Bidan tampak berfikir, dan nawarin aku untuk  benerin posisinya. Aku oke-in. Terus perut aku diteken-teken digeser-geser gitu sampe posisinya bagus. Tapi beliau tetep saranin aku untuk USG. Nah pengalaman ibuku melahirkan anak terakhir, kata beliau posisinya juga gitu. Nyerong gitu. Dulu ditunggu sampai kontraksi, nggak langsung SC. Siapa tau posisinya bisa bagus sendiri. Dan ternyata, setelah kontraksi, kepala bayinya bukannya turun ke jalan lahir, malah makin melintang. Akhirnya di-SC juga.

Habis dari bidan, sorenya aku langsung USG ke Bangko. Kliniknya buka, biidznillah. Padahal itu tanggal merah. Pas periksa, alhamdulillah posisi udah bagus. Tapi ketubannya tinggal sedikit..

Dokternya nggak nyaranin apa-apa sebenernya. Tunggu aja, gitu katanya. Itu karena beliau nggak nyangka aku berencana lahiran dengan beliau. Jauh beut cuy.. Tapi setelah aku bilang emang mau lahiran di sana, beliau ngasih opsi induksi. Karena ketubannya sedikit tadi. Seneng dong gw.. wkwkwk. Bisa lahir secepatnya. Anak-anak bisa ditungguin mbahnya pula. Of course aku iyakan. Btw dokternya sama sekali nggak pernah nawarin SC. Termasuk pas sungsang itu. Santai gitu loh dokternya. Mungkin karena ini anak ke sekian, mungkin juga karena memang beliau pro normal. Tapi sejak hamil anak pertama aku asa ga pernah ketemu dokter yang langsung saranin SC deh..

Terus kenapa lahirannya harus jauh-jauh gitu? Kalau mau ditangani perempuan kenapa nggak di bidan aja?
Karena bisa induksi 🙊 persalinan pertama kedua aku ada pendarahan post partum. Dan waktu aku tanya ke bidan, untuk pendarahan, bidan nggak bisa nangani. Harus dirujuk ke dokter. Suami nggak approve banget juga aku lahiran nggak sama dokter.

Sehari setelah kontrol ke klinik, aku ke RS dengan bawa perlengkapan melahirkan. Jam 2an siang sampai IGD RS. Langsung ditangani dengan sat set sat set masyaallah.. Sore dokter Dewi baru dateng untuk visit, dan langsung pindah ke ruang perawatan. Malem diinduksi oksitosin lewat infus. Belum berasa apa-apa tu.. Semaleman bisa tidur pules. Muncullah titik-titik kesombongan wkwk. Kata orang induksi sakitnya banget2 tanpa jeda. Ini nggak tuh 😌.

Sekitar jam 6 pagi, pas diperiksa baru bukaan 2. Terus disuntik oksitosin lagi. Nah mulai deh mulesnya masyaallah.. Waaaini. Ini ni yang rangorang bilang tentang induksi. Jam 8an baru bukaan 3 tapi udah sakiiit banget. Sampe ga bisa bayangin sakitnya bukaan2 selanjutnya. Sampe ada pikiran kapok ngelahirin lagi 🙈. Habis itu kami pindah ke ruang bersalin. Nggak lama kemudian aku udah ngerasa dorongan yang kuat banget.. Bilang ke bidan, dan pas diperiksa udah bukaan lengkap dong.. Dari bukaan 3 langsung lengkap. Kaget aku. Tapi alhamdulillah udah bisa ngeden hore... Berhubung ini persalinan ke 4, jadi teknik nafas2 pas kontraksi udah ga diarahin lagi sama bidan-bidannya. Cuma dibilang "iya bagus, Bu.. Bagus.." 😅. Pas ngeden juga. Tapi berhubung janinnya lebih besar, jadi ngedennya agak effort ya. Berkali2 baru bisa keluar bayinya. Alhamdulillah.. jam setengah 10an kayanya bayinya lahir.

Dan bener kan, habis melahirkan aku pendarahan. Darahnya ngucur terus nggak bisa berhenti.. Langsung disuruh minum obat sama suntik-suntik  buat berhentiin pendarahan. Seharian itu darahnya masih banyak banget yang keluar. Sampe harus beli sarung&celana dalem banyak. Aku pusing karena pendarahan, dan obat yang diminum ngasih efek meriang. Jadi bayinya banyak sama bapaknya. Oh iya, sejak lahir sampe keluar RS, bayinya nggak diambil2 sama perawat.. Kecuali pas mandi. Jadi di kamar terus.

Aku keluar rumah sakit sehari setelah melahirkan, setelah dipastikan pendarahannya udah aman. Perjalanan pulang 1,5 jam di mobil sambil gendong newborn kerasa cepet. Nggak bisa tidur, aku. Takut bayinya jatuh.

Alhamdulillah berhubung partusnya normal, jadi pemulihannya juga cepet. Setelah aku keluar rumah sakit malem itu, besok paginya suami langsung kerja wkwk. Kerja kerja kerja ⚡⚡👨‍💻. Alhamdulillah masih dibantu Bapak Ibu beberapa hari. Setelah Bapak Ibu pulang, baru semua aktivitas rumah tangga dikerjain sendiri lagi. Tiap hari mondar mandir anter jemput anak-anak, nyetir bawa newborn baby yang ternyata banyak drama sekali.. Tapi alhamdulillah Allah mudahkan.. Sekarang babynya sudah 3 bulan.. Udah lucu masyaallah 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persalinan Anak Kedua Extended : Bongkar Jahitan

Kehamilan Anak Kedua

Persalinan Anak ke-3