Jumat, 02 Oktober 2015

Persalinan Anak Kedua Extended : Bongkar Jahitan

Beberapa hari setelah melahirkan anak kedua, saya merasa ada yang salah dengan jahitan saya. Yak, rasanya jahitan saya lepas. Waktu kami kontrol ke dokter, diliat jahitannya dan emang ada yang kebuka. Sama dokter dikasih salep dan dicoba pakai albothyl dulu. Semoga bisa nutup. Kalau nggak nutup, mungkin akan dijahit dua atau tiga jahitan. Beberapa minggu saya lakukan terapi albothyl itu, tapi tetep nggak nutup. Dan jaringannya udah terbentuk. Jahitannya nggak sakit, tapi tetep ada bagian yang kebuka. Pas kontrol berikutnya, entah kenapa akhirnya bagian yang kebuka itu nggak jadi dijahit. Kayaknya bu dokter nggak tega sama saya setelah menjalani persalinan yang sulit. Atau mungkin khawatir terjadi pendarahan lagi.

Setelah itu emang nggak ada keluhan. Tapi belakangan, sekitar 4 bulan setelah persalinan, saya sering ngerasa nyeri. Kayaknya di bagian jahitan yang kebuka itu ada luka. Awalnya saya mau kontrol ke dokter Marina di Palembang. Tapi bingung juga. Kalo harus dijahit ulang siapa yang jagain anak-anak selama proses pemulihan.. Qadarullah, saat itu juga, Palembang sedang dalam kondisi diselimuti asap. Jadi saya dan anak-anak diungsikan ke rumah orang tua di Bekasi. Nah, mumpung lagi di rumah orang tua, banyak yang bisa megang anak-anak, saya coba konsultasi ke obgyn di sini. Jadi kalo emang harus dijahit ulang, ya saya nggak khawatir karena anak-anak ada yang momong.

Di bekasi sini saya konsul ke dokter Yenny di RS Anna Pekayon. Beliau dokter senior. Dokternya baiiik masyaallah... Waktu kontrol, dokter liat jahitan saya dan, beliau langsung bilang "hamil lagi aja ya". Tetoott. Pilihan yang belum memungkinkan, ini. Beresiko sekali mengingat pendarahan-pendarahan yang terjadi sama saya tiap persalinan. Dan organ-organ saya kan belum pulih bener ya. Hb pun masih fluktuatif. Akhirnya, beliau bilang, bisa sih dijahit ulang, kalau anaknya usianya udah 3 bulan. Alhamdulillah anak saya udah 5 bulan waktu konsul. Jadi akhirnya dibuat perjanjian untuk tindakan penjahitan itu.

Dan dua hari setelah konsultasi, tindakan dilakukan. Sakit? Bangeet. Sebelumnya saya mikir, kayanya nggak sakit. Dulu waktu kaki saya dibedah karena mata ikan *hehehe*, saya nggak kesakitan, kecuali cenut-cenut setelah biusnya habis. Makanya, waktu ditanyain sama dokter, mau bius total apa lokal, dengan pedenya gue jawab, bius lokal aja dok. Terus kata dokternya, kalo bius lokal masih kerasa. kalo bius total mahal. Dan tetep, bius lokal aja dok.

Karena jahitan yang lepas ini udah ada jaringan baru, jadi jaringan itu diinsisi atau dipotong, terus disatukan lagi. Rasanya kaya dijahit habis lahiran gitu. Tapi tanpa persiapan. Kan kalo pas lahiran kitanya udah ngerasa kesakitan karena kontraksi dan proses persalinan ya. Kalo ini mah nggak. Langsung ditusuk-tusuk. Nggak perlu dibayangin sih. Cukup diyakini bahwa proses itu akan berlalu hahaha. Nah, setengah jam setelah penjahitan selesai, kondisi saya udah baikan. Udah bisa jalan-jalan. Udah nggak terlalu sakit. Lupa deh sama yang tadi-tadi. Haha. Dasar emak-emak. Jadi masih mau melahirkan? Insyaallah.. Hehehe. Kalo udah sembuh gini udah lupa deh sama sakitnya.

Jadi kalo ada ibuk-ibuk yang jahitannya lepas, Insyaallah nggak masalah kok dijahit ulang. Sakitnya sebentar aja, paling setengah jam.  Kalo kita-kira nggak tahan sakitnya, bius total aja. Kalo bius total rasanya paling cenut2 doang ya. Kan pas dijahitnya nggak kerasa. Baru kerasa pas udah beres. Kalo udah beres ga terlalu sakit kok. Tapi bius total lebih mahal sih... Hehe.

58 komentar:

  1. Hallo bun , aku juga rencana mau jahit ulang nih , baby ku usia nya mau 3 bulan ,, setelah di jahit kita boleh langsung pulang apa ranap ya bun kalo boleh tau ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya langsung pulang bun.. nggak pakai rawat inap..

      Hapus
  2. Hallo bun aku juga mau nannyak ni, berapa lama ya bun kira kira pemulihan jahit ulang nya, kebetulan aki juga udah melakukan jahit ulang, udh 4 masih terasa sakit, apakah normal bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2019 20.25
      Sama kayak habis lahiran, bund.. Seminggu dua mingguan. Dulu seminggu setelah jahit itu, saya kontrol dan udah kering. Masih sedikit nyeri tapi nggak mengganggu. Baiknya langsung kontrol ke dokternya ya bund.. Untuk memastikan aja kondisinya baik dan nggak ada infeksi

      Hapus
  3. Alhamdulillah nemu blog bunda.. Bun saya melahirkan udah mau 7 bulan. Kebetulan ada jahitan yang terbuka, entah lepas atau memang gak terjahit. Lumayan lebar sampe mau k anus. Sebaiknya dijahit ulang ya bun? Saya masih takut2. Kebetulan belum HB juga sama suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu biaya nya berapa bund utk bius lokal dan total?

      Hapus
    2. Baiknya coba konsul ke Sp.OG bund.. Saya kurang paham, lebar jahitan segitu boleh untuk HB atau ndak.. Siapa tau dokternya menyarankan seperti dokter saya.. Disuruh hamil lagi aja, dan jahitannya nanti diperbaiki waktu melahirkan. Tapi kalau saya dulu pilih jahit ulang aja da. Karena waktu melahirkan saya pendarahan karena anemia, jadi belum berani hamil lagi.. Sakit, emang.. Hehe. Tapi insyaallah nggak lama. Nah setelah dijahit ulang, saya nggak boleh HB dulu, kalau nggak salah sebulan.

      Kalau biayanya, saya di RS Anna Pekayon Bekasi, tahun 2015 tu 2juta bund. Itu pakai bius lokal. Kalau bius total saya kurang tau..

      Semoga lekas sembuh ya bund..

      Hapus
  4. Bund, jahitan saya yg luar jg kebuka, udh dikasih salep kurang lebih sudah 46 hari tp lukanya masih merah, dulu bunda selama 4 bulan itu lukanya menutup ga bund, dan selama 4 bulan itu tetap di kasih salep atau gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jahitan saya kebuka kalau nggak salah 5 hari setelah persalinan bund.. 7 hari setelah melahirkan saya kontrol ke dokter.. Setelah dokter tau jahitannya kebuka itu, kan dikasih albothyl ya bund (tapi sekarang udah nggak ada ya). Dipakai sebulanan albothylnya. Setelah pakai albothyl lukanya udah nggak merah lagi. Udah nggak sakit. Tapi 4 bulan setelahnya, ujung jahitan yg kebuka itu nyeri (kebayang kan ya letaknya). Kayak luka gitu bund.. Makanya saya coba konsultasi buat jahit ulang. Dulu habis selesai pakai albothyl saya nggak pakai obat apa-apa..

      Semoga lekas sembuh ya bunda..

      Hapus
  5. Ya allah..ternyata mahal juga ya,,,padahal aku juga baru melahirkan dan kebuka hamoir sampai anus,,,😵😵😵

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. Sejujurnya saya pun kaget pas dulu bayar. Hampir sama kaya biaya melahirkan. Padahal nggak rawat inap. Mungkin kalau di rumah sakit pemerintah bisa lebih murah ya.. Allahua'lam..

      Hapus
    2. Bun kalau sekarang biaya nya kira " berapa

      Hapus
  6. Bun kalo boleh tau, bunda dulu jahitan yang kebuka nya di daerah miss v bagian mana ya?

    BalasHapus
  7. Bun klo dijahit ulang luka nya dipotong lgi gk yh??aku mau jahit ulang tpi ragu takut lepas lgi,karna akunharus urusin anak dua,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, dipotong lagi terus dijahit lagi.. Mungkin bisa cari bantuan untuk ngurus anak2 bund.. Atau jahitnya pas lagi mudik :)
      Kalo yg saya rasa dulu, setelah dijahit ulang, di daerah lukanya nggak terlalu sakit sih.. Tapi emang pusing banget karena banyak darah yang keluar, dan qadarallah saya juga ada anemia..
      Semoga lekas sembuh ya bund..

      Hapus
  8. Bun, saya jg mengalami hal sama, ada bukaan dikit di bekas jahitan, kata dokter yg "hanya mengawasi" waktu saya lairan, ini jahitan g jd, harus bongkar ulang. Saya jd takut jujur, ini rencana saya mau pindah dokter, semoga tanpa hrs dijahit ulang bs sembuh aamiin. Kepikiran gmn dedek kl saya hrs jait ulang bius total, gmn asinya soalnya g mau pake dot :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya nggak harus bius total bun.. Lokal juga bisa. Habis selesai jahit bisa langsung menyusui. Jahitnya nggak lama kok.. Tapi sedikit harus lebih tahan sakit.. Saya nggak tau kalau bius total efeknya berapa lama.. Kalau efeknya emang lama, mungkin jahit setelah usia bayi 6 bulan bisa jadi opsi juga..
      Semoga Allah berikan jalan terbaik ya.. Kalaupun harus menghadapi rasa sakit karena biusnya lokal, semoga jadi wasilah bergugurannya dosa dosa kita bund :)

      Hapus
  9. Bund saya juga niatnya abis lebaran ini mau jahit ulang karna ada fases yg merembes karna jaitanya lepas , takut ngebayangin di jahit lagi ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya bund.. Nggak usah dibayangin hehe. Dijalanin aja. Semoga rasa sakitnya jadi penggugur dosa ya bun..

      Hapus
  10. Bun aku jga sma kaya bnda tpi punya ku lepas jhitanya tu sampai ke anus vatal emang berapa lma penyebuhannya sih bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo jahitannya sih dua minggu aja udah sembuh kok bund..

      Hapus
  11. Trs perwatan gk bun setelh itu krna punya ku bner2 sampai ke ans

    BalasHapus
  12. Nggak bun.. dulu cuma pakai semacam bioplacenton. Tapi kalau ga salah inget, baru boleh hubungan sebulan setelah tindakan.. Kontrol ke dokter setelah tindakan juga cuma sekali

    BalasHapus
  13. Tpi pnya bnda gk smpai ke ans kan

    BalasHapus
  14. Saya sudah dijahit untuk kedua kalinya yg kedua kemarin bius total memang nga sakit tp harus nginep 3hari di rs. Susah buat nyusuin, nah sekarang jahitannya lepas lagi,, bingung mau konsul ke dokter yg lama atau ganti rs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah.. perjuangan banget ya bund.. Mungkin bisa coba cari dokter lain bund..

      Hapus
    2. Pengalamannya sama banget dengan Saya Bun, Saya udah 2x jahit ulang, eh 2 hari setelah lahiran lepas lagi. Saya jadi kurang percaya dengan Dokter dan RS nya :( karna biaya cukup mahal . Saya bius total abis 5 juta. :(

      Hapus
  15. Saya juga bund 5 hari pasca lahiran jahitannya kebuka...efeknya bab merembes dari vagina.kata dokternya kalo mo jahit ulang harus nungguin satu bulN dulu..krna daging vaginanya masih merah ...kalo bius total emang lama yah bund?saya takutnya operasinya blom selesai biusnya dah hbis😣
    Menurut bunda gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bund saya kurang paham tentang perbiusan. Seharusnya dosisnya sih udah disesuaikan ya. Beberapa bulan lalu saya kuret. Tindakannya sekitar 15 menitan dan saya dibius. Saya dalam keadaan nggak sadar sekitar 30 menit. Insyallah dokter anestesi lebih paham ya. Kan selama tindakan dipantau dokter anestesi.. Semoga cepat sembuh bund :)

      Hapus
    2. Aamiin...terimakasih bund...semoga kita slalu dalam lindunganNya🤗🤗

      Hapus
  16. Bun.. mau nnya donk
    Sya udh mlhirkn 10buln llu dn udh 2 x rapair jaitan tp msih kbuka juga
    Mnta masukan donk bun
    Ini dh mau yg 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah.. Gimana ya bund.. Saya bukan tenaga medis, jadi kurang tau sebaiknya gimana. Mungkin bisa cari second, third opinion ya bund. Semoga lekas sembuh ya bund..

      Hapus
  17. Saya juga bun melahirkan hampir 2bulan kayanya jaitan saya kebuka. Kira kira kalo jait ulang kalo pake BPJS bisa gak ya bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf baru balas bund.. Mohon maaf kami ndak pakai BPJS dan bukan tenaga medis.. Jadi kami kurang tau bund..

      Hapus
  18. Saya baru melahirkan 1 bln ini..
    Melahirkan dgn cara di vakum. Anak pertma saya di sc.
    Dan ini anak yg ke 2.
    Setelah seminggu kontrol ke dokter katanya jahitan Nya terbuka..
    Dokter cuma kasih salep &menyaran kan sering berendam..
    Trus suru kontrol lg minggu depanya..
    Sebelum kontrol saya ngerasa ga nyaman sama jahitan takut bener2 kebuka bgt.
    Pas akhirnya kontrol teryata betul..
    Bahkan merasa kya ada yg bolong. Dokter masih nyaranin yg sama ..
    Alhasil aku ngerasa sdikit takut klo nanti harus jait ulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah.. sama kaya saya, mbak.. Semangat ya, kalo harus jait ulang.. Nyeri pasti berlalu mbak ^-^
      Semoga diberikan yang terbaik dan segera pulih..

      Hapus
  19. Saya juga habis melahirkan 1 bulan lalu dan kasusnya sama bund. Jahitan terbuka dan akhirnya harus dijahit ulang, tanpa dibius. Rasanya masyaAllah luar biasa sekali. Skrg msh dlm masa pemulihan krn kdg masih ada nyeri2. Suka parno sendiri kalo jahitan lepas lagi.. soalnya sdh trauma kalo hrs dijahit lg.
    Bund, tanda/ciri2 yg bisa dirasakan kalo jahitan udah kering/sembuh tu gimana ya? Sy jd parnoan soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah.. kebayang rasanya -_-"
      Sejujurnya saya lupa gimana tandanya bun hehe. Cuma seinget saya, satu atau dua minggu gitu saya ga berani jongkok atau duduk di bawah. Takut sobek lagi. Terus pas udah kering, benang2nya lepas semua bund.. Dipegang gitu kerasa lepas2..
      Semoga lekas pulih ya bund.. Perjuangan melahirkan nggak hanya sampai bayinya keluar ya :D

      Hapus
    2. Bun.. saya juga binggung nih anak dh 1.5thun
      Tp masih tkit mau jait ulang

      Hapus
  20. Beda dgn saya, saya gk dijahit. Pdhal robek hmpir ke anus. Smpe 1 bln sakit ny gk hilang, mlah tmbah sakit. sya periksa skalian bawa debay Imunisasi, kata bidan ny, infeksi dn hrus di jahit(bukan bidan yg bntu sya lahiran) tp biaya ny mhal bnget 5juta lebih,alhasil sya brfikir 2x, lebih mhal dri biaya persalinan.smpe skrg 6bln blom jg dijahit. sudah gk sakit lg, tp saya sring trun perut.ortu blg tnggu lahiran anak ke2 aj bru dijahit. Smpe skrg sya gk brani HB, trauma bnget.ada tdak bunda yg senasib dgn sya ��
    Bunda jahit ulang byar brp bun?

    BalasHapus
  21. Beda dgn saya, saya gk dijahit. Pdhal robek hmpir ke anus. Smpe 1 bln sakit ny gk hilang, mlah tmbah sakit. sya periksa skalian bawa debay Imunisasi, kata bidan ny, infeksi dn hrus di jahit(bukan bidan yg bntu sya lahiran) tp biaya ny mhal bnget 5juta lebih,alhasil sya brfikir 2x, lebih mhal dri biaya persalinan.smpe skrg 6bln blom jg dijahit. sudah gk sakit lg, tp saya sring trun perut.ortu blg tnggu lahiran anak ke2 aj bru dijahit. Smpe skrg sya gk brani HB, trauma bnget.ada tdak bunda yg senasib dgn sya ��
    Bunda jahit ulang byar brp bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah.. Kalau saya dulu 2jt bund di RS swasta.. Itu robeknya ndak sampai anus.. Saya juga kaget loh biayanya segitu.. Padahal nggak rawat inap.
      Sebenernya saya sepakat sama ortu.. tunggu lahiran anak berikutnya aja.. Karena dulu setahun setelah jahit ulang itu saya hamil lagi. Tapi kalau sampai ndak bisa HB sepertinya perlu dikonsultasikan ke dokter ya bun..

      Hapus
  22. Kak, saya mau tanya. Kan kakak jahitanya lepas dan nunggu 5 bulan baru dijahit ulang, nah jahitan yg lepas itu apakah menjadi daging atau bener2 ngelepas keluar kak? Kadang pas kepegang kan kayak nusuk2 gitu jahitannya? Apa kakak merasa nyaman selama 5 bulan itu? Boleh saya chatt kakak via wa? Saya ingin bertanya lebih jauh ke kakak. Jika berkenan, saya kasih nomor hp saya ya kak untuk konsul dengan kakak. Saya deg deg an banget soalnya ini. 085716145065. Terimakasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  23. Hi mom aku hari ini pas 2 bln pasca melahirkan normal. Aku ga kontol dkoter waktu itu karna ribet punya 2 anak buat pergi2 k rs dan keselnya suami juga sibuk buat nganterin ga bisa terus. Ni seiring jalan nya waktu aku pegang jaitan bukannya rapet ko mlah kaya melebar gitu jaitannya..aku takut banget bun kaya kulit takut putus gt. Apa bunda ngalamin gt jg (jaitan melebar)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mom.. kebetulan waktu melahirkan anak kedua itu, jahitan saya panjaaang. Dari perineum sampai leher rahim. Jahitan saya nggak merenggang mom, tapi emang lepas di bagian yang paling bawah perineum. Lepas 2 atau 3 jahitan. Jadi bentuknya kaya huruf V gitu.

      Baiknya dikonsultasikan aja ke dokter, mom.. Semoga baik2 saja ya mom..

      Hapus
  24. Hi mom
    Sy baru lahiran normal 2 minggu yg lalu,,setelah lahir langsung di jahit sama suster"nya bkn dokter (waktu itu blm dtg), stlh di cek dokter nya ternyata gak bagus dan harus di jahit ulang di ruang Operasi,, stlh 7 hari kontrol ternyata jahitan sy jelek mom sma dokternya mlh di lepas semua dan cuma di sarankan berendam bubuk pk,, stlh seminggu ini sy foto n sy kirim kan ke dokternya dan katanya alergi sm benang,, duh bingung banget bun hrs gmna,, apa bisa nempel tnp jahit 😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mom..
      Sebelumnya mohon maaf, karena saya bukan dokter. Tapi saya coba googling ada di web alodokter yang kasusnya sama..

      https://www.alodokter.com/komunitas/topic/alergi-benang-jahit-2

      Kalau memang diperlukan, bisa cari second opinion, mom..

      Hapus
  25. assalamualaikum ..
    hallo bun saya mau tanya dong bun, saya baru melahirkan 2 bulan yang lalu , dan saya melahirkan secara normal tapi dengan jahitan .
    nah skrg sudah gak kerasa sakit atau nyeri sih udah biasa lagi . tapi pas kemarin ngeberaniin liat miss v pake kaca kok beda kulitnya atau kaya berupa daging putih kaya kepisah2 gtu di deket lubang vaginanya.
    wah langsung saya mikir bun kayanya jahitannya lepas dan langsung saya pergi ke bidan dan katanya jahitannya lepas tapi gak di sarankan jait ulang karna sudah sembuh gak ada luka ...
    trus katanya nunggu lahiran anak ke 2 tapi bener2 gak nyaman banget bun.
    gmna yah bun apa itu bisa di jait ulang atau tidak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam warahmatullah wabarakatuh..
      Halo bunda.. Kalo menurut saya, kalau emang nggak ada rasa sakit yang dirasain, nggah usah jahit ulang sih bund. Selain biayanya mahal, rasanya juga sakit bangett. Tunggu lahiran anak berikutnya aja.. Kecuali kalau sampai sakit banget atau nggak bisa HB, baru dah jahit ulang..

      Hapus
  26. Hallo bun, kasusnya sama kaya aku bun, aku setelah melahirkan hari ke7 kontrol kebidan dicek jahitan katanya jahitanku lepas semuda dan harus dijahit ulang saat itu juga, tapi aku gamau dijahit disitu dan aku minta dijahit dirs minta rujukan, setelah diperiksa obygm ternyata aku luka perineum grade 3, sebulan kontrol seminggu sekali katanya ga usah dijahit lagi dan sampai skarang aku ga dijahit lagi padahal aku diobras:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak disarankan untuk jait ulang mbak?

      Hapus
  27. Adakah tipsnya bunda kalau jaitannya terbuka tidak mesti dengan jait ulang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo bun.. Maaf baru balas.. Kalau menurut saya ikuti saran dokternya aja. Setangkep saya dari dokter saya, kalau nggak sakit nggak masalah sih nggak dijahit lagi. Nanti sekalian dijahit pas anak berikutnya. Tapi kalau nyeri, bisa dikonsultasikan lagi tentang kemungkinan jahit ulang bun..

      Dulu saya pas jahitannya lepas setelah melahirkan itu nggak masalah.. Ga sakit atau apa. Tapi akhirnya 5 bulan kemudian dijahit lagi karena tiba2 jadi nyeri. Kalau pas jongkok gitu kerasa sakit bun.. kaya kesobek.

      Kalau dari komen bunda2 di atas, ada juga yang sampai nggak bisa HB bun..

      Hapus
  28. Bun, jahitan q juga kebuka, klo misalnya tdk d jahit ulang apa Miss v q bisa rapet seperti semula ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sisi-sisi jahitan yang kebuka itu belum terbentuk jaringan, masih ada kemungkinan menyatu bun. Tapi kalau sudah terbentuk jaringan, nggak bisa.. Demikian yang saya tangkap dari dokter. Kalau saya dulu, setelah robek ternyata nggak bisa nyatu lagi..

      Hapus
  29. Bun... Bisa ya jahitan prenium yg lepas dijahit nanti pas lahiran kedua. Kalau mau jahit ulang krn luka sudah kering udh 45hari. Kira2 kita kedokter spkk atau ke dokter kandungan? Mmg cuma Butuh 2 jahitan . Saya risih soaly trlihat lebar gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bunda, pas lahiran berikutnya. Kalau mau jahit ulang, ke dokter kandungan, bunda.. Nanti yang melakukan tindakan juga dokter kandungan aja.
      Tapi kalau kata dokter saya dulu, jahit ulang baru bisa setelah bayinya 3 bulan, bunda..

      Hapus