Minggu, 11 Oktober 2015

Ngidam List a la Bandung

Sekian lama tinggal di kota Palembang, lidah gue masih belum bisa adaptasi juga. Ngomong bahasa Palembang ga bisa-bisa. Gatau yak, sering ga sinkron antara otak sama lidah. Di otak udah nyetting bahasa ke mode bahasa Palembang. E lha kok yang keluar teu aya palembang palembangna acan. Jadi we, 4 taun di Palembang masih setia berbahasa satu, bahasa Indonesia. Merdeka!

Tapi ini bukan mau ngomongin adaptasi lidah yang itu. Bukan bahasa, tetapi rasa. Halah. Yak sekian taun di Palembang gue masih suka kepengen banget makanan-makanan uenak jaman kuliah dulu.. Qadarullah, gue kuliah di daerah Dago yang kemana-mana deket. Jadi kayanya segala makanan ada deh. Nah di antara makanan-makanan yang pernah gue coba, ini ni yang selalu bikin kangen... Tarif bawah semua sih.. hahaha.

1. Lumpia Basah Depan Salman
Anak ITB mana coba yang ga tau lumpia basah abang gerobak ijo ini. Bawang putih halus ditumis, ditambahin telor yang diorak arik, dipiggirin, tumis bawang putih lagi, masukin toge, garem, micin, aduk-aduk, ditutup. Tambahin bengkoang manis, aduk-aduk, tutup, aduk-aduk ampe mateng. Sementara nunggu mateng, abang lumpia ngeluarin daun pisang. Atasnya dikasi kulit lumpia. Trus diolesin sagu manis. Trus ditaro tuh toge di atasnya. Lipet-lipet, masukin plastik, ambil kresek, masukin lumpia dan sumpit ke kresek. Harganya 6rebu doang cuyyy...

2. Alpukat kelapa gelap nyawang
Bertahun-tahun beli alpukat kelapa di warung ini, ga pernah sekalipun nemu rasa pait. Ga tau deh si abang yang jago ngoret alpukat apa emang jenis alpukatnya yang oke. Yang jelas banyak, enak, murah. 4500 doang. Kalo rasanya, es teler ** kalah lah... *ebole ga si, ngebanding2in makanan gini

3. Mie Goreng Donna Jl. Tubagus Ismail
Katanya sih sekarang udah ga ada. Tapi dulu, waktu gue ngekos di daerah tubagus, gue beli mie goreng donna buat makan malem ini beberapa kali seminggu. Enak buanget... Harganya 8000.

4. Kupat Tahu
Kalo yang ini asa sama aja ya di mana-mana. Sederhana sebenernya. Tapi kok ya nagih. Ini sarapan andalan gue waktu ngekos di Tubagus. Soalnya deket. Harganya 7000 kayanya ya.

5. Kupat Sayur Uda Pero
Gue jaman kuliah dulu jarang banget berangkat naek angkot. Nanggung. Macet banget soalnya. Jadi jalan kaki aja. Ga nyampe setengah jam. Nah di tengah jalan menuju kampus, tepatnya di Simpang Dago, ada noh ketupat sayur yang enak.. Yang bikin enak tu sambel pecel sama kerupuknya. Kadang gue pake sayur nangka, kadang sayur pakis. Pas lagi demen-demennya, hampir tiap hari tu warung gue tongkrongin. Harganya 6500.

6. Ice Black warung Black Romantic
Warung BR ini di gelap nyawang. Sebenernya gue ga suka sama interiornya. Banyak botol2 bir gitu. Tapi makanannya enak. Yang gue demen banget ya ini. Es item. Isinya apa ya? Kopi, oreo, gatau deh dicampur apa lagi.

7. Kelapa Jeruk Gelap Nyawang
Abang-abang yang jualan ini sama ama yang jual alpukat kelapa. Sebenernya gue lebih duluan nyobain kelapa jeruknya sih. Tapi lebih demen sama alpukatnya. Seumur-umur nyobain kelapa jeruk di manapun, belum ada yang ngalahin abang-abang ini. Suami gue juga suka hahaha. Harganya lebih murah gopek dibanding alpukat kalo ga salah.

Itu sih ya yang spesifik bikin ngidam. Kalo siomay a.k.a baso tahu, batagor, mie yamin syalala rata-rata so so di mana aja belinya. Ya Allah... udah hampir 2 taun ga ke Bandung... Semoga bisa ke sana lagi. Nostalgila lagi. Dapet semangat dari sahabat-sahabat masa kuliah lagi.

2 komentar:

  1. Mba kalau boleh tau kira2ketupat uda pero msh jualan gak ya..sy nyari nyari di google cuma smpe 2014 . oh iya sama kelapa alpukat nyawang itu dimana alamatnya..thx b4 mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya terakhir ke bandung nggak sampai simpang.. Jadi nggak tau juga..
      Alpukat kelapa tempatnya di seberang Bumi Medika Ganesa. Yang ad gerobak dengan display banyak alpukat. E tapi rumornya sih kawasan ini mau digusur buat parkiran.

      *komen telat bangett.. Maap... jarang buka blog pakai laptop..

      Hapus