Kamis, 02 Juni 2016

Tempat Ngaji di Palembang

Muslimin muslimat yang tinggal di kota-kota besar Pulau Jawa, insyaallah nyari tempat untuk menuntut ilmu syar'i nggak terlalu susah ya. Itu sepengalaman saya aja sih. Hehe.. Setidaknya saya pernah tinggal di 2 kota, Bekasi dan Bandung. Kalo di Bekasi, mau ngaji tinggal ke Iqro' sana. Atau di masjid-masjid besar lain juga saya pernah liat pengumumannya. Di Bandung, lebih deket lagi. Tinggal ke Salman jadi hahaha.

Nah, setelah meninggalkan kota-kota itu, sejujurnya saya agak kesulitan mencari tempat untuk mengupgrade diri dengan ilmu syar'i. Nyari ke mana-mana nggak dapet. Entah sayanya yang kurang gaul atau emang fasilitasnya yang kurang banyak..

Tapi alhamdulillah.... Saat kebutuhan untuk upgrade ilmu itu makin mendesak, akhirnya saya nemu tempatnya. Nggak jauh-jauh, cuma sekiloan aja dari rumah mihihi. Di manakah itu? Jeng jeng...
Alhamdulillah saya bisa ngelmu di ma'had izzuddin.

Dulu, bertahun lalu, waktu saya ikut kelas tahsin bareng sama mbak-mbak yang anaknya sekolah di izzuddin, saya pernah dikasih tau kalau di sana hari sabtu suka ada kajian. Naah, beberapa waktu silam, waktu saya serius cari tempat belajar itu, saya baru inget kalau pernah dikasih tau itu. Dan qadarullah, ada teman yang ngajar di sana. Saya tanya deh. Dan qadarullah, pas banget lagi bukaan kelas baru.

Alhamdulillah Allah sampaikan kami di sini. Saya dan suami ambil jadwal sabtu pagi. Belajar di kelas dengan bawa 2 anak piyik-piyik yang sejujurnya emang berisik. Mudah-mudahan teman-teman yang lain tetep bisa fokus ya. Insyaallah saya ikhtiarkan supaya anak-anak seanteng mungkin. Sekalian melatih mereka untuk mencintai majelis ilmu. Sampai hari ini udah jalan 3 pekan, dengan materi tauhid dan fiqih. Enak banget loh ikut beginian. Soalnya saya agak kesulitan kalau harus mengandalkan kajian di youtube. Ada keterbatasan sarana dan waktu serta kondisi. Lagipula kalau dateng langsung kan enak yah banyak temennya.

Mungkin kalau ada yang kondisinya seperti saya juga, pengen belajar tapi entah di mana, bisa hubungi ma'had izzuddin. Atau,,, katanya sih ma'had ikadi juga ada. Tapi lebih jauh dari rumah dan saya nggak tau info detailnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar