Rabu, 30 Maret 2016

Koleksi Buku Anak-anak : Siroh

Seperti yang udah saya ceritain sebelumnya, saya beli buku siroh ini banyaaak banget. Kebanyakan siroh sahabat. Entah ya, saya kok susah nemu buku siroh nabawiyah, kecuali seri MuTe yang mana harganya dahsyat sekali.. Tapi alhamdulillah akhirnya saya nemu juga sih siroh nabawiyah yang sesuai kriteria. Kriteria saya nggak banyak. Intinya, kisahnya shahih. Terus, bukunya full colour, tiap halaman ceritanya dikit-dikit aja. Hehe. Namanya anak-anak, masih belum betah diceritain lama-lama.

Sejarah Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam
BUKU ANAK SEJARAH KEHIDUPAN RASULULLAH SIRAH NABAWIYAH

Buku ini sebenernya ada 5 seri. Tapi saya baru punya yang terakhir. Seri 1-4 ceritanya tentang 24 Rasul. Seri terakhir tentang Rasulullah Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam. Ceritanya sebagian besar diambil dari buku Siroh Nabawiyahnya Syaikh Mubarakfuri. Gambarnya cukup bagus, walaupun nggak unyu-unyu banget. Tapi yang jelas isinya oke sekali. Lengkap, jelas ceritanya per fase. Oh iya, penerbit ini juga punya buku-buku bagus seri lainnya loh... Mangga di-googling.

Seri Sahabat Cilik Rasulullah
abdullah_bin_zubair abdullah_bin_masud asma_binti_abubakar
Ini ceritanya juga bagus. Cuma mungkin cover dan gambarnya terlalu gelap.. Asma paling suka diceritain tentang 'Asma anaknya Pak Abu Bakar' hehe. Pas pertama diceritain anaknya seneng banget gitu hehehe. Yang jelas, karena ceritanya tentang masa kecil sahabat-sahabat itu, jadi lebih deket ke anak-anak.

Seri 10 Sahabat Dijamin Surga
abdurrahman_bin_auf abubakar_ash_shidiq ali_bin_abithalib
Sebaca saya sih ya, cerita dari seri ini diambil dari buku 60 kisah sahabat. Allahua'lam. Sebenernya lebih cocok ditujukan ke anak laki-laki sih ya. Karena ceritanya heroik sekali. Pemilihan katanya bagus deh. Membangkitkan ghirah yang baca. Tapi seperti yang di atas, cover dan gambarnya banyak yang terlalu gelap.

Seri Wanita Teladan
asma_binti_yazid fathimah_binti_kaththab khansa
Sama kaya seri di atas hehe

Seri Sahabat Cilik Rasulullah terbitan Tiga Ananda
Saya sukaaa banget sama gambarnya. Unyu banget.. Ceritanya juga bagus. Tapi saya nggak bisa dapet bukunya lengkap.. Dulu beli di Gramedia Atmo, Palembang. Sempet mau beli lagi, tapi pas ke sana udah nggak ada. Nyari online juga nggak dapet.

Nah kalo ditanya tentang adegan perang yang semacamnya dalam buku-buku siroh ini, kalo saya pribadi nggak masalah sih. Dulu saya juga bertanya-tanya, gimana caranya mengenalkan konsep perang ke anak-anak. Tapi pas anak-anak dibacain cerita-cerita yang kebanyakan heroik, jadinya malah ngalir aja. Insyaallah akan ada saatnya menjelaskan itu semua dari sisi syariat. Tapi mulai mengenalkan tentang jihad dari kecil ke anak-anak menurut saya nggak masalah sih. Kalo butuh contoh konkrit kan bisa diceritain ya, gimana anak-anak pejuang Palestina, Suriah, Afghan, dan tempat-tempat berkonflik lainnya.. Tapi emang yang saya baca sih, di buku-buku anak itu, cerita tentang perangnya disesuaikan sama usia anak-anak.

PS: gambar-gambar yang sumbernya dari web, saya ambil dari tempat saya beli dulu eheheh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar