Rabu, 22 Juli 2015

Menghilangkan Bau Ompol

Sejak saya men-toilet training (TT) Asma, saya sudah familiar sekali dengan celana-celana berbau pesing. Dan saya baru tau, ternyata bau pesing kaya gitu susah juga ya ilangnya. Pas awal-awal TT, saya langsung masukin tu celana-celana bekas ompol ke mesin cuci. Dan dicuci bareng baju-baju lain. Hasilnya? Baju-baju lain ikutan pesing... Kudu dicuci ulang.. Ga bisa buat sholat itu mah.

Kemudian, saya pake cara lain. Celana-celana bekas ompol asma saya kumpulin. Terus nanti dibersihin dulu pakai sabun batang sebelum masuk ke mesin cuci. Hasilnya? Lumayan sih, tapi pas nyucinya rekoso. Baunya susah ilang. Lama-lama bikin males. Effort-nya gede.

Kemudian, saya coba lagi cara lain. Pokoknya setelah Asma habis ngompol, celananya langsung saya siram pakai air. Ini efektif. Tapi saya nggak selalu bisa langsung nyiram celananya.

Sampai akhirnya, waktu Asma diopnam, saya baru tau cara ampuh ngilangin bau pesing. Pas Asma diopname kan dia pake infus ya. Alhasil pipisnya jadi banyak dan sering banget. Jadi sering kebablasan ngompol juga. Nah, saya teh ga sengaja waktu itu bilas celana-celana bekas ompol Asma yang bau ompolnya udah nempel banget. Celananya udah didiemin dari kemarin gitu. Bilasnya pake air panas. Berhubung kran di rumah sakit ada air panasnya jadi tinggal puter doang ya. Dan jeng jeng... Itu bau pesingnya langsung ilang dongs. Panasnya sepanas mungkin yang bisa ditolerir sama tangan.

Kok pas dulu googling ga ada tips itu ya? Atau saya yang kelewatan bacanya? Hehe. Ya akhirnya kalo ada ompol-ompol sekarang tinggal disiram pake air panas aja. Kucek-kucek dikit. Terus masukin deh ke mesin cuci. Selesai. Say alhamdulillah..

Update:
Setelah pindah rumah di luar kota, baru kali ini saya bisa ngerasain adanya air mengalir 24 jam. Sejak nikah sampai beberapa bulan lalu kan air ngalir cuma beberapa jam dan cuma cukup untuk ngisi bak. Dan ternyata o ternyata, baju yang bau ompol bisa cepet ilang baunya dengan dicuci di bawah air mengalir walaupun airnya nggak anget. Kalau pake air anget lebih cepet lagi. Masyaallah..

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Mencari bahan sprei waterproof polos untuk membungkus dan melindungi busa kasur anda?.. Intip koleksi produk kain dari Fitinline yuk..

    BalasHapus